Kuliner Khas Solo Favorit Wisatawan

Solo merupakan satu diantara kota yang terletak di Jawa Tengah dan memiliki beraneka makanan khas yang berbeda-beda dengan kawasan yang lainnya. Bila kalian datang ke Solo coba untuk memburu sejumlah makanan ini. Sebab beberapa orang yang berwisata ke Solo tidak hanya tuk menikmati obyek wisatanya saja tetapi juga tuk menikmati suguhan kulinernya yang sangat istimewa dan disukai para penikmat kuliner. Berikut ini ada sejumlah kuliner khas Solo yang amat diminati oleh tidak sedikit orang.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak dakah adalah satu masakan Solo yang dibuat dari tupat dan santan kelapa. Didalam bahasa Solo tupat dijuluki gendar janur. Yang membuat makanan ini tidak sama dengan masakan tupat lainnya yang terdapat di seluruh Nusantara Indonesia ialah bumbunya yang amat khas kota Solo yakni biji wijen digoreng bersama santan, kemudian dicampur dengan cabe, kemiri, bawang putih, dan gula jawa.

Dan menjadi pelengkap biasanya kuliner ini disuguhkan bersama karak, karak merupakan kerupuk yang dibuat dari bahan utama beras. Kuliner ini bisa kalian temui dengan gampang di Solo, nyaris tiap hari ada warga yang menyediakan makanan ini dengan berkeliling dan di saat hari upacara sekaten, Cambuk Rambak seadanya dijual di sekeliling beranda Masjid Agung Keraton.

Tengkleng

Tengkleng kemungkingan besar masih didengar asing di benak kalian. Pasti kalian mengenal gulai kambing. Tengkleng ialah masakan yang identik dengan gulai kambing, bedanya hanya di kuahnya saja. Tengkleng tak memakai kuah santan. Tidak hanya itu tengkleng cuma terdiri dari tulang-tulang kambing dan ada sedkit daging merekat di tulang itu. Juga ada jeroan sebagai penikmat rasa dari kuliner Tengkleng.

Disamping jeroan ada juga campuran semacam usus, otak, dan kaki kedalam kuliner ini. yang unik dari kuliner ini ialah saat kalian makan sedikit daging yang merekat di tulang serta menghisap isi tulang-tulang itu.

Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas kota solo yang amat terkenal bahkan sampai ke luar kota Solo. Tapi kalian akan mendapati sesuatu yang unik saat menjajal. Nasi liwet ialah masakan yang terdiri dari nasi yang diolah menggunakan kaldu ayam. Hal itu membuat hidangan nasi terasa makin gurih juga nikmat. Tapi bukan cuma nasi saja. Nasi itu disajikan bersama-sama telur rebus, diguyur sayur labu kuah santan dan daging ayam tipis. Biasanya Nasi Liwet ini ada di angkringan Kota Solo.

Timlo Solo

Timlo ialah masakan yang memakai campuran sosis digoreng yang diiris kecil-kecil kemudian dicampur telur ayam pindang lalu irisan ati ayam lalu dicampur kuah bening. Umumnya makanan ini disajikan bersama-sama nasi putih juga lengkap dengan bawang goreng. Yang unik dari Tmlo Solo ialah makanan ini tak memakai pelengkap bihun dan jamur.

Sate Kere

Sate Kere merupakan kuliner sate yang tidak sama dengan sate pada biasanya. Perbedaan lebih dominan berada di bumbu yang dipakai. Sate kere memakai bumbu yang dibuat dari tempe gembos. Makanan tempe gembos sendiri ialah makanan yang dibuat dari ampas sisa kedelai untuk produksi tahu. Daging yang normal digunakan ialah jeroan sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *