Kuliner Ini Jadi Jajanan Khas Kota Tegal

Indonesia diketahui sebagai negeri toleransi sebab ada banyaknya perbedaan etnis, budaya, kepercayaan, bahkan bahasa tapi tetap saja bisa menyatu hidup dibawah payung satu pemerintah. Bukan sekedar budaya yang berbeda-beda, tipe bahasa, busana sampai makanan pun tidak sama tiap daerahnya. Di Kepulauan Jawa saja yang mempunyai 2 suku besar yang menetap di pulau itu yakni Suku Jawa juga Suku Sunda.

Di satu sisi Suku Jawa ada banyak sekali beda adat. Salah satu perbedaan yang muncul pun terdapat di sajian makanan khas daerah itu sendiri. Satu dari beberapa obyek yang mempunyai suguhan kuliner yang berbeda-beda dengan lokasi lainnya ialah kota Tegal. Wisata Kota Tegal merupakan satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah, kota itu biasa didatangi semua wisatawan yang notabennya ialah pecinta kuliner. Dibawah ini ada sejumlah kuliner khas Tegal yang kerap diburu para pecinta kuliner.

Nasi Ponggol

Jika kalian ialah pecinta kuliner pedas mungkin kuliner satu ini pas dengan lidah kalian. Nasi pongol merupakan makanan yang amat mudah kalian temukan di Tegal. Kuliner ini sebetulnya ialah menu nasi pada umumnya yang ditambah dengan sejumlah lauk misalnya tahu tempe goreng, serta ikan asin menjadi pelengkapnya.

Disamping itu menu satu ini pun mempunyai perpaduan bumbu yang amat khas. Nama pongol diberi sebab rasa pedas dari makanan yang satu ini cukup sampai dengan ke dalam perut.

Teh Poci

Siapa yang tak kenal dengan minum satu ini. Teh poci merupakan kuliner yang telah amat terkenal bahkan ke luar negeri. Di Tegal kalian bisa mendapat minuman ini secara amat mudah. Teh poci merupakan minuman teh yang tergolong lumayan unik sebab teh poci selalu memakai wadah teko dan gelas yang dibuat dari tanah liat. Hal-hal itu sebab bisa memungkinkan aroma teh poci amat khas itu tersendiri tak hilang. Proses produksi pun amat sederhana yakni daun teh masukan ke dalam poci kecil kemudian diseduh. Teh yang normal digunakan ialah teh hijau. Dan umumnya teh poci memakai gula batu untuk pemanis.

Sate Kambing

Sate bukan cuma datang dari daerah Madura saja. Tegal pun mempunyai sate khas pribadi yakni sate kambing. Sate kambing makanan khas Tegal ini memakai bumbu khusus hingga terasa betul kuliner khas tegal. Disamping itu sate kambing tegal umumnya memanfaatkan kambing muda menjadi bahan utamanya supaya mendapat daging kambing empuk dan enak saat dimakan.

Biasanya daging kambing itu diambil dari kambing yang usianya masih di bawah 5 bulan. Kalian bisa memperoleh sate kambing Tegal dengan gampang di setiap pelosok kota Tegal.

Tahu Aci

Tahu Aci merupakan makanan khas Tegal. Bila kalian datang ke kota Tegal namun tak mencicipi jajanan ringan Tegal satu ini boleh dibilang kalian sudah mendapat kerugian yang sangat besar. Makanan ini umumnya dijadikan lauk tambahan tuk kuliner khas Tegal lainnya. Jajanan tahu aci tergolong kuliner yang amat sederhana yakni tahu biasa yang di dalamnya dikasih aci lalu digoreng dengan memakai minyak yang amat panas.

Kupat Blengong

Kupat Blengong sebetulnya ialah kuliner semacam ketupat normal karena sungguh hampir tak ada perbedaan antar keduanya dari sisi penampilan dan rempah bumbu yang dipakai. Tapi perbedaan jelas ada dari sisi lauknya. Kupat blengong memakai olahan blengong menjadi lauknya. Umumnya daging blengong dibuat sate dan digoreng pada umumnya. Blengong pribadi ialah hewan unggas hasil perkawinan silang diantara entog dan bebek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *