Goblog!!! Hari Gini Gak Kenal Johan Cruyff

Hendrik Johannes “Johan” Cruijff (lahir 25 April 1947, Belanda – meninggal 24 Maret 2016, Barcelona) merupakan salah seorang pemain sepakbola profesional Belanda dan pelatih. Sebagai punggawa sepakbola, ia memenangkan gelar Ballon d’Or 3 kali, tahun 1971, 1973, juga 1974. Cruyff ialah eksponen sangat terkenal dari filosofi sepakbola yang populer sebagai Total Football dikaji oleh Rinus Michels, dan dengan luas dianggap menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah persepakbolaan dunia. Pada 1970an, sepakbola Belanda wakeup dari dekat ketidakjelasan tuk sebagai pembangkit tenaga listrik didalam olahraga. Cruyff menjadi pemimpin Belanda menuju final Piala Dunia FIFA 1974 dan mendapatkan Golden Ball sebagai pemain baik dari turnamen. Pada tahun 1974 final dia dieksekusi tipuan yang lalu setelah dia ternama, Turn Cruyff, banyak ditiru dalam permainan modern dan menjaid salah satu teknik bermain bola.

Johan merupakan anak ke-2 dari Hermanus Cornelis Cruijff dengan Petronella Bernarda Draaijer, dari sederhana, secara latar belakang kelas pekerja di kota Amsterdam timur. Cruyff, dimotivasi oleh ayah yang mencintai sepakbola dan dekat di Akkerstraat di Stadion De Meer, main sepakbola dengan kawan sekolahnya dan kakak, Henny, tiap kali dia bisa, juga mengidolakan pemain yg membawa bola produktif asal Belanda, Faas Wilkes.

Karir Sepakbola Johan Cruyff

Cruyff joint bersama Ajax Amsterdam saat berusia 10 tahun. Ia menampilkan debut pertamanya buat Ajax saat 15 November 1964 menghadapi Groningen. Cruyff menyarangkan 25 gol pada 23 penampilan dengan Ajax musim itu. Di musim berikutnya Ajax lagi-lagi mempertahankan titel jawara liganya dan Cruyff membuat 33 gol sekaligus memetik gelar top scorer.

KedatanganKedatangan Cruyff di Barça langsung disambut ramai oleh para fans pasalnya Cruyff dengan terang-terangan memilih FC Barcelona daripada dengan rival abadinya, Real Madrid. Trofi utama Cruyff tuk FC Barcelona diraih di musim pertamanya berjersey Barça. Sayangnya tersebut adalah satu-satunya jawara liga trofi yang didapat Barça bersama Cruyff, disamping itu ia meraih trofi Piala Spanyol. Jumlah 48 gol dibuat Cruyff dalam 143 pertandingan.

Karier Cruyff di timnas Belanda dimulai saat 1966. Pada laga keduanya atas Cekoslowakia, Cruyff ialah pemain Belanda perdana yang mendapatkan kartu merah. Ia juga menerima sanksi selama satu tahun tak boleh tampil didalam pertandingan Oranje. Suatu ketika Cruyff pernah memprotes untuk mengenakan seragam Oranje dan menutupi 3 garis atas perban hitam, disebabkan disponsori oleh Adidas, Cruyff pribadi dikontrak Puma. Kehebatan Cruyff tampak didalam Piala Dunia 1974 dimana lewat pengelolaan taktik Total Football, Cruyff menggiring Belanda bermain pertama kalinya didalam final Piala Dunia menghadapi Jerman Barat.

Karir Manajer Johan Cruyff

Pada season 1985 Cruyff dipromosi menjadi traine Ajax. Bakat mengarsiteki Cruyff telah terlihat sejak dia masih berkarir sebagai pemain. Hal ini dia terapkan di Ajax dimana dirinya meneruskan kesuksesan pendahulunya, Rinus Michels. Cruyff mengaplikasikan sistem 3-4-3, salah satu modifikasi dari sistem tradisional skema Ajax, 4-3-3. Cruyff memiliki pemain-pemain berbakat untuk mengoperasikan sistem ini, diantaranya ialah Marco van Basten dan Dennis Bergkamp. Tahun 1988, Cruyff lagi-lagi meninggalkan Ajax tuk jadi pelatih FC Barcelona. Di klub itulah Cruyff mencapai kesuksesannya atas pelatih. Total dia menghantarkan Barça mendapatkan 4 piala Liga Spanyol, 1 piala Liga Champion, 1 piala Piala Winners, 1 piala Piala Spanyol dan 1 piala Piala Super Eropa.

Prestasi Individual Johan Cruyff

  • Dutch Footballer of the Year: 1968, 1972, 1984
  • Ballon d’Or 3x: 1971-1974
  • FIFA World Cup Golden Ball: 1974
  • FIFA World Cup All-Star Team: 1974
  • Don Balón Award: 1977-1978
  • IFFHS European Player of the Century: #1
  • Don Balón Award for Coach of the Year: 1991-1992
  • Onze d’Or for Coach of the Year: 1991-1992

3 thoughts on “Goblog!!! Hari Gini Gak Kenal Johan Cruyff

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *